Harus Tahu! Ini Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0 vs. Thunderbolt

Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt

Dunia teknologi selalu berubah, dan terkadang sulit untuk mengikuti terminologi baru. Teknologi USB terbaru tidak terkecuali. Ketika orang menggunakan jargon seperti USB-C, USB 3, dan Thunderbolt, apa artinya sebenarnya? Mari kita coba menjernihkan beberapa kebingungan. Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt.

Apa Arti Huruf dan Angka?

Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa istilah-istilah ini tidak berbicara tentang versi berbeda dari hal yang sama. Masing-masing mengacu pada beberapa fitur unik USB, baik kecepatan atau spesifikasi perangkat kerasnya.

Konektor USB memiliki angka dan huruf untuk menggambarkannya. Huruf-huruf tersebut mewakili karakteristik fisik konektor. Angka-angka mengacu pada teknologi yang memindahkan data dan daya dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Port USB asli, USB-A, adalah konektor persegi panjang selebar 12 mm. Port-port ini masih standar pada kebanyakan komputer dan merupakan salah satu yang kebanyakan orang bayangkan ketika mereka mendengar istilah USB. Bahkan ketika teknologi meningkatkan kecepatan transfer data, konektor itu tetap sama hingga saat ini.

Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt

USB-C

USB-C adalah versi terbaru dari perangkat keras USB yang tersedia. Tidak lagi menggunakan konektor 12 mm. Sebagai gantinya, ia menggunakan konektor reversibel 8,4mm.

Jika Anda pernah mencoba memasukkan kabel USB-A ke perangkat lain, Anda mungkin merasa perlu beberapa kali membalik untuk memasukkannya dengan benar! Ini karena ada yang pasti atas dan ke bawah pada kabelnya. USB-C tidak memiliki masalah itu karena dapat dibalik. Dengan konektor USB-C, Anda tidak perlu khawatir jalan mana yang akan digunakan saat memasukkannya.

Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt

Kabel USB-C dapat memasok daya lebih besar dari versi sebelumnya.

Kabel ini juga mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi.

Fitur lain yang bermanfaat dari beberapa perangkat USB-C adalah pengisian dua arah, yang memungkinkan satu perangkat untuk mengisi daya yang lain.

USB-3

Angka-angka yang terkait dengan konektor USB menunjukkan kecepatan transfer data dari perangkat. Setiap generasi baru teknologi USB memungkinkan kecepatan transfer yang lebih cepat. USB 3.0 adalah versi utama ketiga USB untuk menghubungkan komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Port USB-3 pada perangkat sama dengan port USB-2 tradisional, tetapi berwarna biru.

USB 3 telah direvisi menjadi USB 3.1 dan 3.2. Generasi 3.2 terbaru adalah Gen 1, Gen 2, dan Gen 2 × 2. Versi yang lebih baru ini bahkan lebih cepat daripada versi 3.0 asli, yang sepuluh kali lebih cepat daripada USB 2.0.

Thunderbolt 3

Thunderbolt bukan USB standar . Ini adalah alat yang berbeda yang dirancang untuk transfer data yang cepat. Intel mengembangkannya, dan jika perusahaan ingin memasukkan teknologi ini ke dalam perangkat mereka, mereka harus mendapatkan sertifikasi dari Intel. Tidak semua perusahaan ingin melakukan itu, jadi protokol ini tidak ditemukan di banyak perangkat.

Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt

Kabel thunderbolt menggunakan port reversibel 8.4mm yang sama dengan USB-C. Port, kabel, dan gigi Thunderbolt 3 biasanya memiliki panah berbentuk seperti baut petir untuk membedakannya dari USB-C.

Meskipun bukan USB, Thunderbolt memiliki opsi lain. Jika tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung sebagai unit Thunderbolt, ia mencoba transfer menggunakan protokol USB. Saat menggunakan USB, port Thunderbolt 3 terbatas pada kecepatan USB perangkat yang terhubung, bukan kecepatan Thunderbolt yang jauh lebih cepat.

Perbandingan kecepatan

Thunderbolt jauh lebih cepat daripada pesaing USB-nya.

USB 3.2 Generation 1 hanya memiliki kecepatan transfer 5 Gbps, Generation 2 memiliki kecepatan 10 Gbps, dan generasi 2 × 2 memiliki kecepatan tertinggi 20 Gbps. Tetapi tidak satu pun dari ini dapat bersaing dengan kecepatan 40 Gbps dari Thunderbolt.

Jika Anda membeli perangkat atau komputer baru dan ingin memanfaatkan transfer berkecepatan tinggi yang dimungkinkan Thunderbolt, pastikan bahwa perangkat tersebut memiliki port bergaya USB-C yang berlabel logo petir.

Itulah Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0  vs. Thunderbolt. Semoga Bermnafaat.

No comments for "Harus Tahu! Ini Perbedaan USB Type C vs. USB 3.0 vs. Thunderbolt"