GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Google Chromebook tidak asing dengan yang namanya modifikasi. Terlepas dari kenyataan bahwa itu adalah platform yang cukup terkunci, ada banyak proyek yang didedikasikan untuk mengganti sistem operasi yang dikirimkannya. Semua proyek ini hebat, tetapi semuanya memiliki satu kesamaan - menempatkan dalam distribusi Linux yang tidak dirancang dari bawah ke atas khusus untuk perangkat Chrome. GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Di sinilah GalliumOS masuk. Ini adalah distribusi Linux khusus berbasis Ubuntu untuk Chromebook saja. Apakah layak digunakan? Ayo cari tahu!

Apa yang Membuat GalliumOS Spesial?

Jika Anda membeli perangkat Chrome secara eksplisit untuk memodifikasinya dan mengganti sistem operasi, Anda hanya memiliki beberapa pilihan untuk dipilih. Belum lagi distro-distro Linux ini tidak dibuat dengan perangkat keras yang dirancang Google, jadi meskipun Anda menginstal Ubuntu, Arch, atau yang lainnya, semoga berhasil 100% dengan sempurna.

GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Ini adalah kekosongan yang dibuat GalliumOS untuk diisi. Distribusi hadir dengan desktop XFCE dan dibangun di atas basis yang sudah dikenal: Ubuntu. Ini dirancang khusus untuk mencocokkan dengan perangkat Chrome yang Anda gunakan. Ini terisi hingga penuh dengan driver khusus dan perangkat tambahan yang dibutuhkan Chromebook untuk berfungsi sepenuhnya. Misalnya: jika Anda memasang Ubuntu di Chromebook, kemungkinan touchpadnya tidak berfungsi, tombol fungsi akan salah, dan perangkat tambahan lain yang dimiliki ChromeOS tidak ada. Dengan distribusi ini, ini bukan masalahnya.

Selain menambal hal-hal dan termasuk driver yang diperlukan, Gallium OS melakukan sesuatu yang luar biasa untuk menjauhkan diri dari sisa paket Linux: optimasi perangkat keras perangkat Chrome. Ini penting karena Chromebook berjalan dengan sumber daya rendah. Para pengembang telah mengambil sendiri untuk men-tweak OS untuk berjalan lebih baik pada perangkat keras seperti sumber daya rendah. Tentu saja tidak seringan penawaran Google, tetapi dekat.

GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Perangkat dari Google ini dirancang khusus untuk bekerja dengan baik dengan satu sistem operasi, jadi jika Anda menggantinya dengan sesuatu yang belum diuji, Anda akan mengalami beberapa masalah serius. Sebagian besar Chromebook yang menjalankan sistem operasi alternatif memiliki beberapa gangguan. GalliumOS bertujuan untuk memperbaikinya dengan menyediakan perbaikan bug khusus perangkat.

Cara Install Gallium OS

Meskipun dirancang untuk Chromebook, GalliumOS berfungsi hampir sama dengan distribusi Linux lainnya dalam hal pemasangan. Anda harus menuju ke situs web ini dan mengunduh file ISO. Ingat: Anda harus tahu persis model Chromebook apa yang Anda miliki sebelum mengunduh. Yang terbaik adalah mengambil apa yang Anda ketahui tentang mesin Anda dan melakukan pencarian Google.

GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Saat Anda telah menentukan dengan tepat jenisnya (broadwell, haswell, dll.), Unduh image. Anda harus membuat USB image. Ini harus dilakukan di komputer lain.

Saat Anda membuat USB stick, cukup colokkan ke Chromebook dan boot dari BIOS apa pun yang telah Anda instal. Dari sini Anda akan dibawa melalui proses instalasi.

Karena GalliumOS sangat berpusat pada Chromebook, melakukan langkah demi langkah untuk pemasangan bisa jadi sangat sulit, terutama karena hampir tidak mungkin untuk virtualisasi dengan aman. Sebagai gantinya, ikuti instruksi terperinci yang disediakan oleh GalliumOS selama proses instalasi. Segalanya sangat mudah dimengerti, dan Anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk menyelesaikan semuanya.

Kesimpulan

Distribusi Linux ini sangat menarik. Benar-benar tidak ada terlalu banyak pengembang di luar sana yang menciptakan pengalaman unik bagi pemilik Chromebook. Tentu, Anda memiliki proyek kecil di sana-sini (Crouton, ChrUbuntu), tetapi tidak ada yang sebesar ini. Ini adalah proyek yang sangat ambisius, mengingat mereka bertujuan untuk mendukung hampir semua Chromebook yang mereka bisa. Ini adalah usaha besar, untuk sedikitnya.GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook

Namun, dengan proyek ambisius seperti ini, perlu diperhatikan. GalliumOS masih dalam tahap pengembangan yang berat, jadi jika Anda menginstalnya, Anda bisa menukar bug Chrome OS Anda dengan Gallium. Pengguna yang cerdas kemungkinan tidak akan melihat masalah apa pun, tetapi pengguna baru tidak diragukan lagi akan mengalami masalah yang tidak dapat mereka atasi sendiri.

Jika Anda memiliki Chromebook, dan Anda bosan mengutak-atik distribusi Linux lainnya agar semuanya berfungsi, GalliumOS harus menjadi perhentian pertama Anda. Ya, ini dalam versi beta, dan itu bisa membuat sedikit gugup. Tetap saja, ini mungkin salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang mencari sistem operasi alternatif di perangkat Chrome.

Sistem operasi alternatif apa yang Anda sukai untuk digunakan di Chromebook? Beritahu kami di bawah sini!

No comments for "GalliumOS : Distro Linux yang Dirancang Khusus untuk Chromebook"