Baca! Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama



Tidakkah Anda emosi ketika Anda mencolokkan ponsel Anda untuk mengisi dayanya sebelum Anda meninggalkan rumah, dan menemukan itu tidak mengisi? Bagaimana perasaan Anda ketika Anda mencolokkan ponsel Anda sepanjang malam, dan hampir tidak ada tambahan? Masalah-masalah ini biasa terjadi, dan untungnya, solusinya tidak mengharuskan Anda segera membeli telepon baru. Lalu Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama?




Jika penurunan kecepatan pengisian telepon disebabkan oleh baterai yang sudah tua atau rusak, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain mengganti baterai (atau telepon). Tetapi jika Anda melihat perubahan drastis dalam kecepatan pengisian, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah pengisian yang lambat ini.




Gantu kabel Pengisian Daya





Kabel USB mengalami banyak penyalahgunaan, terutama ketika orang yang tinggal di rumah yang sama menggunakan kabel yang sama. Mereka dijatuhkan, ditekuk, dan disimpan di tempat-tempat dengan variasi suhu yang signifikan (seperti mobil Anda).











Jadi, jika ponsel Anda sedang diisi lambat, langkah pertama Anda harus mencoba kabel yang berbeda. Jika ponsel Anda mengisi daya pada kecepatan yang berbeda tergantung pada kabel yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu membeli kabel yang lebih baru dan berkualitas lebih baik.




Jika Anda masih menggunakan kabel USB tipis yang disertakan dengan telepon lama Anda, gantilah. Kabel USB yang lebih baru seringkali lebih tebal dan dapat membawa lebih banyak daya di dalamnya.




Ganti Adaptor












Selagi Anda mengecas, coba ganti adaptor Anda bersama dengan kabelnya. Jika Anda masih menggunakan adaptor bawaan ponsel terakhir Anda, itu tidak berfungsi sebaik yang baru. Adaptor yang lebih baru sering memiliki output daya yang lebih tinggi yang dapat mengisi daya ponsel Anda lebih cepat.




Periksa Peringkat Daya





Jika Anda ganti charger pengisian dengan yang lain dan menemukan bahwa itu sedang mengisi daya ponsel Anda secara perlahan, bisa jadi charger itu tidak memberikan output daya yang cukup. Ada juga stopkontak dengan port pengisian daya USB. Lihatlah keluaran daya charger USB ini. Beberapa dari mereka hanya berdaya 1A arus, yang tidak cukup untuk mengisi daya ponsel Anda dengan cepat. Ponsel yang lebih baru (dengan kapasitas baterai lebih besar) biasanya membutuhkan arus 2 - 3A untuk pengisian daya yang cepat.




Solusi untuk ini sederhana. Cukup ganti charger yang berbeda dan lihat apakah kecepatan pengisian meningkat.




Masalah Lubang Port Charger












Port tersebut juga dapat menyebabkan pengisian daya lambat di ponsel Anda. Gunakan senter dan lihat bagian dalam port di ponsel Anda, menggunakan kaca pembesar, jika memungkinkan. Cari partikel kecil yang mungkin rusak/ kotor di dalamnya. Partikel-partikel ini mencegah koneksi yang baik dan memperlambat proses pengisian. Jika Anda melihat sesuatu di sana, gunakan tusuk gigi kayu atau sikat halus kecil untuk menghilangkan halangan.




Tutup aplikasi Background





Jika ponsel Anda sedang diisi dayanya dengan lambat, mungkin ponsel Anda juga akan kesulitan mengisi dayanya. Aplikasi tambahan yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan masalah ini. Baik Android dan iOS memiliki pengaturan yang dapat Anda periksa untuk melihat aplikasi mana yang mungkin menghabiskan baterai. Buka menu Pengaturan Anda dan pilih Baterai untuk melihat aplikasi mana yang dapat Anda tutup.




Baterai rusak





Anda dapat mengeluarkan baterai dan memeriksanya untuk melihat apakah ada kerusakan. Namun, baru-baru ini, produsen telah beralih ke baterai yang tidak dapat dilepas yang tidak dapat Anda lihat.




Periksa kerusakan dengan memeriksa bagian belakang ponsel cerdas Anda. Cari sedikit tonjolan di atas baterai.




Jika pengisian daya ponsel Anda turun dengan cepat dari pengisian penuh hingga setengah dari masa pakai dayanya, ini juga dapat mengindikasikan baterai rusak.




Jangan gunakan ponsel Anda saat mengisi daya












Meskipun menggoda, jangan gunakan ponsel Anda saat mengisi daya. Alih-alih, biarkan saja selama pengisi daya. Bahkan lebih baik, pertimbangkan mematikannya. Ini akan mengisi daya lebih cepat karena tidak ada saluran pada daya.




Jika ponsel Anda diisi dengan lambat, saya harap salah satu solusi ini membantu mempercepatnya. Anda tidak akan dapat kembali ke pengisian daya secepat kilat yang Anda miliki saat masih baru, tetapi Anda mungkin dapat membuatnya lebih baik dan tidak khawatir akan mati dengan cepat.




Itulah ulasan kami tentang Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama. Apakah artikel ini bermanfaat? Silahkan isi di kolom komentar dan bagikan ke teman Anda!

No comments for "Baca! Cara Mengatasi Pengisian Baterai HP yang Lama"