Awas Corona! Cara Membersihkan HP Anda



Apakah Anda secara teratur membersihkan ponsel Anda? Jika demikian, seberapa sering Anda melakukannya? Sebelum pandemi coronavirus, kebanyakan orang jarang berpikir tentang seberapa bersih ponsel mereka. Jika ada, membersihkan ponsel kita lebih banyak tentang menghapus file sampah dan membebaskan ruang penyimpanan daripada membersihkannya secara fisik. Cara Membersihkan HP Anda




Ponsel kami telah merevolusi bagaimana penyakit dan kuman menyebar, itulah sebabnya Anda perlu tahu bagaimana mencegah Anda dan orang lain di sekitar Anda menyebarkan penyakit virus dan bakteri berbahaya.




Mengapa Anda Harus Membersihkan Ponsel Anda





Membersihkan ponsel Anda akan menghilangkan bakteri dan mikroba mematikan yang menempel setiap hari.











Setiap kali Anda menyentuhnya, Anda sebenarnya memindahkan bakteri antara ponsel dan wajah, tangan, dan setiap permukaan yang disentuh ponsel. Faktanya, Dr. Charles Gerba, seorang profesor biologi lingkungan Universitas Arizona, menetapkan bahwa telepon bahkan lebih kotor daripada tempat duduk toilet.




Ini hanya berarti Anda perlu mengubah kebiasaan kebersihan ponsel Anda.




Membersihkan HP Anda





Sebelum kita masuk ke langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan ponsel Anda, ada beberapa item yang perlu Anda hindari.




Ini termasuk udara terkompresi, pemutih, bubuk abrasif, pembersih jendela atau rumah tangga, pembersih semprot aerosol, hidrogen peroksida, pelarut keras seperti benzena, aseton dan toluena, dan amonia.




Semua barang ini dapat mengurangi keefektifan lapisan oleophobic pada permukaan kaca ponsel Anda yang mengusir minyak dari jari dan tangan Anda, karena bersifat abrasif. Anda juga harus menghindari kelembaban berlebih saat membersihkan ponsel, karena ini dapat merusak elektronik di dalam ponsel.




Alat dan Bahan yang Anda Butuhkan





  • Kain microfiber (bebas serat)
  • 70 persen isopropil alkohol (1/2 gelas)
  • Air suling (1/2 gelas)
  • Tusuk gigi kayu
  • Kapas




Langkah-langkah untuk Sanitasi dan Bersihkan HP Anda












  • Cabut lampiran apa pun pada ponsel Anda, termasuk pengisi daya, headphone, atau earbud, dan matikan telepon.
  • Lepaskan semua tutup pelindung atau casing pada telepon untuk membersihkannya secara efektif. Anda juga akan membersihkan ini secara terpisah sebelum mengembalikannya ke telepon Anda.











  • Campur alkohol isopropil 70 persen dan air suling dalam botol semprot dengan perbandingan satu banding satu. Alasan air suling adalah karena ia tidak akan menggores kaca pada ponsel Anda, tidak seperti air keras, yang memiliki mineral mikroskopis. Kocok botol dengan baik dan semprotkan campuran pada kain microfiber Anda. Jangan terlalu basahi kain, dan jangan semprotkan telepon secara langsung.











  • Bersihkan ponsel menggunakan kain, bersihkan bagian depan dan belakang. Bersihkan area kecil - seperti port attachment, ruang di sekitar lensa kamera, dan tombol - menggunakan tusuk gigi kayu atau kapas kering untuk menghilangkan penumpukan gunk, dan kemudian bersihkan area ini dengan kain microfiber. Biarkan ponsel Anda mengering selama 15 atau beberapa menit sebelum memasukkannya kembali ke dalam tempatnya.











Bersihkan Aksesoris Telepon





Saat ponsel Anda mengering, Anda dapat membersihkan kasing dan aksesori lain yang Anda gunakan.




Untuk casing telepon silikon, Anda bisa merendam dan mencucinya dalam larutan dengan air hangat dan sedikit sabun pencuci piring. Gosok tepi dengan kain lembut dan bilas dengan baik. Biarkan mengering sebelum memasukkan telepon Anda. Anda juga dapat menyeka kasing dengan kain mikrofiber yang dibasahi alkohol gosok dan larutan air suling.




Untuk kasing plastik keras, bersihkan dengan alkohol gosok dan larutan air suling, sedangkan kasing kulit dapat dibersihkan dengan sabun pelana khusus dan diolah dengan kondisioner kulit.




Anda dapat menggunakan alkohol gosok dan larutan air suling yang sama untuk membersihkan aksesoris ponsel Anda, seperti earbud dan pengisi daya. Kabut dengan lembut kain microfiber bebas serat, bersihkan aksesori dan kemudian keringkan sebelum digunakan lagi




Bisakah Anda Menggunakan Alkohol atau Disinfektan ?





Jika Anda ingin cara yang lebih cepat untuk membersihkan dan membersihkan ponsel saat bepergian, Anda dapat menggunakan penghapus berbasis alkohol seperti Clorox Disinfecting Wipes.




Untuk perangkat Apple, aman untuk membersihkan iPhone Anda menggunakan tisu desinfektan dengan alkohol isopropil 70 persen atau Tisu Disinfektan Clorox.




Namun, jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda bisa mendapatkan Zeiss Mobile Screen Wipe untuk menghapus tubuh dan layar ponsel Anda, yang menghilangkan kuman dan lapisan atas kotoran berkat solusi penguapannya.




Tips Menjaga Telepon Anda Bebas Kuman












Ponsel Anda mungkin diselimuti bakteri yang tidak terlihat, termasuk coronavirus, itulah sebabnya Anda harus ekstra hati-hati, karena ponsel Anda adalah kendaraan yang dapat secara efektif mentransfer virus dan organisme menular lainnya.




Berikut adalah beberapa kiat yang dapat Anda gunakan baik di rumah atau di tempat kerja untuk menjaga ponsel Anda bebas kuman:




  • Setelah ponsel Anda terkena tinta, makanan lengket, makeup, pewarna atau hal-hal lain yang dapat menyebabkan noda, bersihkan.
  • Cuci tangan Anda secara berkala dengan air sabun panas atau pembersih ketika Anda berada di luar ruangan karena tangan Anda mengambil banyak kuman sepanjang hari.
  • Dapatkan penutup antimikroba untuk ponsel Anda.
  • Investasikan pada pembersih cahaya ultraviolet yang dapat memegang telepon Anda dan aksesori lain yang Anda gunakan setiap hari. Ini akan membunuh bakteri tanpa menggunakan uap air atau panas berlebih yang dapat merusak ponsel Anda dan elektronik lainnya.
  • Jangan pegang telepon Anda saat berada di meja - tidak sehat.




Mengingat COVID-19 hari ini, penting untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari penyebaran bakteri dan kuman berbahaya. Dibutuhkan penggunaan dan pembersihan ponsel yang serius dan pastikan Anda tidak mengizinkan siapa pun untuk menggunakannya. Ingatlah untuk menyimpannya di tempat yang hangat dan tertutup seperti dompet atau saku saat tidak digunakan.

No comments for "Awas Corona! Cara Membersihkan HP Anda"