6 Kekurangan Mac os Catalina dan Perbaikannya



Apakah Anda sudah mengunduh macOS Catalina baru dan melihat Anda tidak dapat menginstalnya dengan lancar? Apakah Anda juga berhasil menginstal OS dan menyadari bahwa Mac Anda tidak sama dengan sebelumnya? 6 Kekurangan Mac os Catalina dan Perbaikannya




Apple baru-baru ini merilis macOS Catalina sebagai pengganti macOS Mojave. Namun, rilis perangkat lunak baru ini tidak semuanya menyenangkan bagi raksasa teknologi. Tampaknya setiap pembaruan OS baru adalah untuk perbaikan namun kadang malah muncul masalah baru.




Sementara kami terus mengacuhkan bahwa pembaruan "fix-it-all" dirilis, berikut ini cara memperbaiki beberapa masalah.




Masalah Download MacOS Catalina





Pastikan Anda tahu segalanya tentang OS sebelum mengunduhnya. Setelah Anda melakukannya, langkah selanjutnya adalah mengunjungi Mac App Store. Namun, selama unduhan, Anda mungkin melihat kesalahan berikut.




1. Pengunduhan MacOS Catalina gagal





Jika Anda melihat kesalahan ini pada sistem Mac Anda, maka itu mungkin berarti server Apple sedang down atau koneksi Wi-Fi Anda lambat. Untuk mengatasi ini, ada dua kemungkinan perbaikan. Namun, Anda mungkin hanya dapat menerapkannya tergantung pada sumber daya yang Anda miliki.




Perbaikan 1: Restart Wi-Fi Anda





Reboot router Wi-Fi Anda mungkin saja yang Anda perlukan untuk mempercepat unduhan. Jika ini tidak berhasil, menuju ke lokasi lain dengan Wi-Fi yang lebih cepat itu menjadi alternatif Anda.




Perbaikan 2 : Sambungkan kabel Ethernet untuk mengunduh pembaruan





Terkadang, memanfaatkan koneksi Wi-Fi Anda untuk mengunduh file besar bukanlah rencana terbaik. Satu, unduhan Anda dapat dengan mudah terganggu. Kedua, bandwidth dapat memperlambat kecepatan unduhan file Anda.




Dalam hal ini Anda harus menggunakan kabel Ethernet. Menggunakan kabel mencegah interupsi dan juga mempercepat unduhan.




2. Koneksi jaringan terputus












Salah satu alasan mengapa Anda mungkin melihat pesan kesalahan ini adalah karena downtime di server Apple. Untuk memeriksa apakah kesalahan unduhan sebenarnya disebabkan oleh downtime server, Anda dapat memeriksa status langsung di situs web Apple.




Jika itu penyebabnya, maka tidak ada perbaikan untuk ini selain Anda coba lagi lain kali.




3. Gateway timed out












Selama proses pengunduhan OS baru, Anda mungkin memperhatikan bahwa proses pengunduhan berlangsung pada 511.5MB. Hal ini menyebabkan pengunduh mengeluarkan pesan kesalahan dari kesalahan "bad gateway" atau "gateway timed out".




Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan me-restart Mac Anda dalam Safe Mode, kemudian mencoba mengunduh ulang file.




Masalah install MacOS Catalina





Setelah melewati rintangan pengunduhan, hal berikutnya yang harus disiapkan adalah masalah instalasi macOS Catalina. Tiga yang paling umum termasuk yang berikut ini.




4. MacOS tidak dapat diverifikasi di komputer Anda












Pesan kesalahan ini disertai dengan penjelasan oleh penginstal tentang Mac Anda yang tidak memiliki cukup ruang untuk menginstal pembaruan. Anda dapat memperbaikinya dengan salah satu metode di bawah ini.




Solusi 1: Manfaatkan Disk Utility





  1. Tutup penginstal sebelum melakukan hal lain.
  2. Buka Utilitas Disk Anda.
  3. Hapus partisi yang tidak Anda butuhkan.




Solusi 2: Pulihkan pembaruan Mesin Waktu





Jika Anda secara teratur mencadangkan Mac Anda, maka Anda harus dapat mengembalikannya ke waktu sebelum Anda mencoba menginstal macOS Catalina. Ketika Anda mengembalikan pembaruan sebelumnya, hapus file yang tidak Anda butuhkan lagi, kemudian coba instal ulang macOS Catalina.




Solusi 3: Boot dalam safe mode





Anda juga dapat mencoba mem-boot Mac Anda dalam safe mode. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus cache Anda, menghapus beberapa file dan membuat lebih banyak ruang pada sistem untuk menginstal OS baru.




5. Setting up your Mac





Setelah menginstal macOS Catalina, Anda akan melihat pesan "setting up your Mac". Namun, ini seharusnya tidak memakan waktu lama sebelum sistem Anda tersedia untuk digunakan. Jika ya, maka Anda harus mem-boot ulang Mac Anda dengan menahan tombol daya.




6. Masalah login





Setelah menginstal OS baru Anda, restart PC Anda. Saat sistem dinyalakan, Anda diminta untuk masuk. Namun, jika Anda tidak dapat masuk, atau terus keluar, ikuti langkah-langkah ini:




  1. Nyalakan kembali Mac Anda dan tahan tombol Command + S pada keyboard Anda saat boot.
  2. Ketika kotak Command Prompt muncul, ketikkan yang berikut ini:




/sbin/mount -uw /




3. Press Enter, then type the following line in to relaunch Catalina as if it were the first time:




rm /var/db/.applesetupdone




4. Tekan Enter dan kemudian restart Mac Anda.




5. Anda akan diminta untuk membuat akun admin pengguna baru.




Kesimpulan





Tidak ada perangkat lunak tanpa kesalahannya, dan macOS Catalina tidak berbeda. Namun, itulah keindahan pembaruan. Ketika bug atau masalah ditemukan, pemilik perangkat lunak merilis pembaruan baru untuk memperbaiki masalah ini.




Jika Anda tidak ingin terus mengandalkan pembaruan baru untuk menyelesaikan masalah saat ini, Anda harus mempertimbangkan downgrade.




Itulah ulasan kami mengenai 6 Kekurangan Mac os Catalina dan Perbaikannya. Apakah artikel ini bermanfaat? silahkan isi kolom komentar dan bagikan ke teman Anda!

No comments for "6 Kekurangan Mac os Catalina dan Perbaikannya"