Harus Tahu! Antivirus Terbaik Linux Ubuntu



Mari kita berpikir realistis. Ketika ada ancaman virus, Linux adalah hal terakhir dalam pikiran seorang hacker. Namun, tidak bisa kita abaikan dari semua vektor serangan. Meskipun Linux mendapat manfaat dari "keamanan karena ketidakjelasan," Anda masih harus khawatir dalam beberapa hal. Misalnya, hanya karena Linux tidak dapat menjalankan program Windows (tanpa Wine) tidak berarti Anda tidak harus berhati-hati.




Virus ini masih dapat menyebar, terutama jika Anda memiliki server Samba (berbagi file Windows di Linux) atau perangkat eksternal yang secara teratur berinteraksi dengan Linux dan Windows. Anda mungkin secara tidak sengaja menyebarkan virus - belum lagi beberapa peretas baru-baru ini (meskipun tidak terlalu sering) mulai menargetkan pengguna Linux secara langsung.




Jadi apa Antivirus Terbaik Linux Ubuntu Anda ?




1.  uBlock Origin + hosts Files











Linux umumnya tidak memerlukan tingkat perlindungan antivirus yang sama dengan Windows 10 karena ia tidak ditargetkan sebanyak mungkin oleh peretas karena penggunaannya yang relatif rendah dan karena sebagian besar hal yang Anda instal di Linux akan melalui repositori tepercaya (semoga!).




Namun, dengan meningkatnya penambangan Bitcoin, satu cara yang PC Anda bisa berubah menjadi zombie penambangan koin adalah melalui mengunjungi situs web tertentu, yang berisi skrip yang mengubah PC Anda menjadi tambang koin.




Blocker terbaik untuk ini adalah uBlock Origin, yang dilengkapi dengan banyak filter yang memblokir situs dan skrip penambangan koin.




Anda juga dapat memblokir daftar lengkap penambangan koin ini dengan menyalinnya ke file host Anda.




2. Ambil Tindakan Pencegahan untuk Diri Anda Sendiri











Mengingat bahwa Ubuntu adalah toko yang relatif tertutup ketika datang ke perangkat lunak yang dapat Anda unduh dan sumber utama Anda mengunduhnya (Perpustakaan APT Ubuntu hampir seaman yang Anda dapatkan), Anda harusnya cukup aman jika Anda mengambil tindakan pencegahan penting. Jika Anda tidak menginginkan antivirus pihak ketiga tetapi tetap ingin tetap aman di Ubuntu, cobalah yang berikut ini di bawah ini:




  • Gunakan pemblokir skrip di browser Anda (NoScript adalah pilihan yang baik di Firefox) untuk melindungi diri Anda dari eksploitasi Flash dan Java.
  • Terus perbarui Ubuntu menggunakan sudo apt-get update dan sudo apt-get upgrade.
  • Gunakan firewall. (Gufw adalah pilihan yang bagus.)




Jika Anda telah melakukan hal di atas tetapi masih menginginkan lapisan perlindungan ekstra, lanjutkan membaca artikel ini.




3. ClamAV











Ketika Anda berbicara tentang alat virus di Linux, kebanyakan orang berpikir tentang ClamAV. Ini adalah pemindai virus "kinerja tinggi" yang dapat dijalankan pada desktop Linux atau server Linux (dan bahkan Windows). Dengan alat ini semuanya dilakukan melalui baris perintah. Bagian "kinerja tinggi" berasal dari fakta bahwa ini adalah pemindai multi-utas dan sangat baik dalam penggunaan CPU.




Itu dapat memindai dengan berbagai format file dan membuka arsip dan memindainya , serta mendukung berbagai bahasa. Juga dapat bertindak sebagai pemindai gateway email. Cukuplah untuk mengatakan jika Anda membutuhkan pemindai virus yang baik di Linux dan tidak keberatan bermain-main dengan terminal, Anda harus mencoba ClamAV.




4. ClamTk Virus Scanner











ClamTk bukan pemindai virus seperti halnya pemindai grafis untuk pemindai virus ClamAV eponymous. Dengan ClamTk Anda akan dapat menyelesaikan banyak tugas yang sebelumnya membutuhkan terminal yang serius dan pengetahuan sintaksis ClamAV. Tim pengembang mengklaim bahwa ia "dirancang untuk menjadi pemindai yang mudah digunakan dan sesuai permintaan untuk Linux."




Ini benar, karena sangat mudah untuk gigunakan. Dan untungya adalah karena ini hanya lapisan grafis di atas ClamAV, Anda masih mendapatkan semuanya dengan fitur dari itu, dan tidak ada yang hilang. Jika Anda membutuhkan pemindai virus yang baik, dan Anda bukan penggemar baris perintah, ClamTk adalah pilihan terbaik.




5. ESET NOD32 Antivirus











Eset Nod32 Antivirus adalah pemindai virus yang tersedia secara komersial untuk Linux, Android, Mac dan Windows. Muncul dengan label harga $ 59,99 dan menawarkan perlindungan lintas platform dari malware yang menginfeksi sistem Windows dan Mac. Anda juga dapat berharap bahwa itu akan mencari Linux juga.




Tidak banyak yang terdaftar pada halaman produk yang khusus untuk Linux; namun, perlu dicatat bahwa kebanyakan pemindai virus pada dasarnya melakukan semua hal yang sama: pemindaian aktif ancaman dan “definisi virus,” serta pemindaian virus, malware, spyware, dan eksploitasi sistem.




Jika Anda memiliki sedikit uang untuk dihamburkan dan ingin pemindai virus berkualitas untuk Linux, Anda mungkin ingin memeriksanya!




6. Sophos Antivirus











Sophos adalah sistem keamanan yang kurang dikenal, tetapi semakin mereka membuat nama mereka terkenal. Mereka memiliki produk untuk hampir semuanya, baik yang berbayar maupun gratis, termasuk alat pemindaian virus gratis untuk Linux. Dengan itu Anda akan dapat "mencari file yang mencurigakan" secara "realtime" untuk mencegah mesin Linux Anda mendistribusikan virus Windows (atau Mac).




Antivirus ini juga melakukan beberapa hal untuk membantu menjaga keamanan desktop Linux Anda. Jika Anda mencari pemindai yang bagus, ini layak dicoba.




7. Comodo Antivirus for Linux











Comodo telah ada selama beberapa waktu, menyajikan produk berbayar dan gratis. Seperti Sophos dan Eset, mereka menawarkan sejumlah besar perangkat lunak keamanan untuk banyak, banyak platform. Comodo Antivirus untuk Linux menawarkan perlindungan "proaktif" yang dapat menemukan dan menghentikan ancaman yang diketahui saat itu terjadi.




Ini juga mencakup sistem jadwal pemindaian, yang memudahkan untuk merencanakan penggunaan komputer Anda di sekitar kebiasaan keamanan Anda, dan filter email (yang bekerja dengan Qmail, Sendmail, Postfix, dan Exim MTAs). Ada banyak fitur bagus yang dapat dengan mudah menjaga Linux Anda dari kebanjiran virus dan malware.




Kesimpulan





Virus selalu menjadi mimpi buruk. Mereka dapat merusak komputer Anda, hari Anda, dan bahkan hidup Anda. Itulah mengapa penting untuk dilindungi dengan cara tertentu. Meskipun kami sebagai pengguna Linux dapat lolos dengan tidak menggunakan alat-alat ini sepanjang waktu, saya katakan itu tidak bertanggung jawab untuk tidak mendapatkan setidaknya semacam alat pemindai pada mesin Anda.




Apakah Anda menggunakan pemindai virus atau program antivirus yang disebutkan di atas untuk Ubuntu? Apa kesukaanmu? Beritahu kami di kolom komentar bawah ini!




Artikel ini pertama kali diterbitkan pada Agustus 2016 dan diperbarui pada April 2019.

No comments for "Harus Tahu! Antivirus Terbaik Linux Ubuntu"