Bingung? Ini Cara Upgrade Ubuntu Lewat Terminal



Ubuntu Update Manager membuat relatif mudah untuk meningkatkan instalasi Anda ke rilis utama baru. Antarmuka grafis utilitas memandu Anda melalui panduan langkah demi langkah yang seharusnya mudah diikuti.




Tetapi ada kalanya Anda tidak dapat menggunakan utilitas grafis - misalnya, di server Anda tidak memiliki akses ke antarmuka grafis. Dalam hal ini Anda terpaksa menggunakan cara upgrade Ubuntu lewat terminal.




Namun, ada hal lain yang dapat kamu perhatikan. Command line biasanya memungkinkan Anda melihat lebih banyak tentang apa yang sedang terjadi. Sebagian besar utilitas baris perintah menghasilkan banyak teks saat bekerja. Konsekuensinya, Anda mungkin lebih suka metode ini jika Anda ingin melihat detail pembaruan saat itu terjadi. Anda juga dapat lebih mudah menemukan kesalahan potensial jika muncul.




do-release-upgrade Command Line Switch “-d”





Utilitas untuk memutakhirkan Ubuntu dari versi sebelumnya ke versi yang ditingkatkan disebut do-release-upgrade. Ini sebenarnya sebuah skrip yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python.










Biasanya, skrip akan ditingkatkan dari satu rilis stabil (atau LTS - Long-Term Support) ke yang berikutnya. Misalnya, mungkin memperbarui Ubuntu 16.04 ke Ubuntu 18.04. Namun, ketika versi LTS baru muncul, Anda tidak dapat memutakhirkannya hingga titik pertama dirilis. Artinya adalah jika Anda menggunakan 16.04.5 saat ini, Anda tidak dapat meningkatkan ke 18,04. Anda harus menunggu hingga 18.04.1 diluncurkan. Dianjurkan untuk benar-benar menunggu rilis poin pertama. Rilis LTS baru pertama mungkin masih menyembunyikan bug jahat, tetapi jika Anda benar-benar membutuhkan LTS baru, segera setelah keluar, Anda dapat menggunakan command line untuk memaksa utilitas untuk memutakhirkan. Jadi, jika 18,04 baru saja keluar, Anda dapat memutakhirkan dengan




sudo do-release-upgrade -d




sebelum 18.04.1 keluar. Jika tidak, jika 18.04.1 sudah tersedia, gunakan perintah :




sudo do-release-upgrade




Bagaimana Cara Upgrade Ubuntu dengan do-release-upgrade Command





Sebelum upgrade, disarankan agar Anda menonaktifkan sementara repositori pihak ketiga, seperti PPA atau entri yang Anda tambahkan di “/etc/apt/sources.list” atau “/etc/apt/sources.list.d/.” Jika Anda tahu Anda tidak menambahkan repositori dari penyedia lain kecuali Ubuntu, Anda tentu saja dapat melewati langkah ini.










Beberapa paket dari repositori ini mungkin ada beberapa kendala dengan paket baru dari rilis Ubuntu berikutnya. Setelah itu, jalankan pembaruan sudo apt untuk menyegarkan informasi paket. Kemudian, gunakan perintah seperti sudo apt autoremove nginx untuk menghapus program yang telah Anda instal dari penyedia pihak ketiga.




Jika perintah do-release-upgrade tidak tersedia di sistem Anda, instal dengan




sudo apt install update-manager-core




Namun biasanya diinstal secara default.




Paket perangkat lunak Anda harus terbaru sebelum memutakhirkan ke rilis Ubuntu baru. Perbarui semua paket di sistem Anda.




sudo apt update && sudo apt upgrade




Mengupgrade ke Short-Term Support Ubuntu (Opsional)





Angka genap, seperti 18,04, mengindikasikan rilis dukungan jangka panjang (LTS). Angka ganjil, seperti 19,04, mengindikasikan pengembangan, rilis dukungan jangka pendek. Jika Anda saat ini menggunakan versi LTS dan ingin meningkatkan ke LTS berikutnya, lewati langkah-langkah di bagian ini. Tetapi jika Anda saat ini menggunakan versi LTS, seperti 18.04, dan ingin meningkatkan ke 18.10 atau 19.04 (mana yang tersedia berikutnya), edit file ini:




sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades




Ganti Prompt=lts ke Prompt=normal. Tekan Ctrl + X, kemudian y selanjutnya Enter untuk menyimpan file.










Jika Anda Mengupgrade Komputer Lokal Anda





Meskipun Anda dapat membuka emulator terminal pada desktop grafis Anda, ini menimbulkan masalah. Ketika server grafis diupgrade, mungkin akan melakukan restart. Pada akhirnya, akan membuat Anda kehilangan sesi terminal Anda, jadi lebih baik untuk keluar dari sesi grafis Anda. Setelah itu, tekan Alt + Ctrl + F2 atau Alt + Ctrl + F3 dan masuk pada konsol TTY sebelum memulai skrip upgrade di bawah ini.




Mulai Upgrade Ubuntu





Cukup mulai skrip upgrade.




sudo do-release-upgrade




Sekarang, ikuti langkah-langkah di wizard dengan hati-hati. Ini akan sedikit berbeda tergantung pada upgrade yang Anda lakukan. Misalnya, saat terhubung ke sesi SSH, Anda akan mendapatkan langkah ekstra seperti yang ada di gambar berikut.










Pada langkah selanjutnya Anda hampir pasti akan ditanya apa yang harus dilakukan dengan file konfigurasi yang telah berubah dalam versi paket baru.










Jika Anda telah mengubah file konfigurasi yang disebutkan, Anda mungkin ingin mengetik "N" untuk menyimpan perubahan Anda. Hal yang sama berlaku jika penyedia server Anda telah membuat perubahan pada file-file itu. Ini adalah sesuatu yang harus Anda selidiki sendiri. Jika Anda atau penyedia Anda tidak melakukan perubahan khusus, ketik "Y" untuk membatalkan file konfigurasi yang diperbarui.




Kesimpulan





Proses upgrade tidak rumit, tetapi komplikasi mungkin timbul. Biasanya sangat tergantung pada seberapa "bersih" sistem Anda (tidak ada repositori pihak ketiga). Setelah utilitas upgrare menyelesaikan tugasnya, yang harus Anda lakukan adalah mem-boot ulang komputer Anda. Biasanya, skrip akan memberi Anda opsi untuk reboot, tetapi jika tidak, Anda bisa menjalankan:




sudo systemctl reboot




atau




sudo reboot




Asalkan Anda tidak mengalami bug atau bug upgrade dengan software baru yang diinstal, semuanya akan berfungsi dengan sempurna setelah mesin di-boot ulang.

No comments for "Bingung? Ini Cara Upgrade Ubuntu Lewat Terminal"