Ini Lho! 4 Aplikasi Screen Recorder Linux Ubuntu Terbaik



Ada banyak alasan Anda mungkin perlu merekam layar Anda. Mungkin Anda seorang pengembang yang ingin mendemonstrasikan aplikasi yang Anda buat. Mungkin Anda ingin melakukan instruksi ke team. Anda mungkin hanya ingin menunjukkan kepada anggota keluarga bagaimana melakukan sesuatu.




Anda memiliki banyak pilihan ketika memilih screen recorder yang akan digunakan di Ubuntu. Beberapa mudah digunakan, sementara yang lain lebih rumit tetapi memiliki fitur tambahan. Itu juga tergantung pada apakah Anda lebih suka GUI atau command line.




1. SimpleScreenRecorder





SimpleScreenRecorder adalah entri pertama dalam daftar ini karena namanya menggambarkan bagaimana fungsinya. Ini adalah aplikasi sederhana yang merekam layar Anda. Tidak terbatas pada video, karena dapat merekam audio sistem Anda juga.










Saat digunakan untuk merekam audio, SimpleScreenRecorder mendukung sejumlah backend yang berbeda, termasuk dua yang paling populer: PulseAudio dan ALSA. Jika Anda ingin menambahkan sulih suara, Anda bahkan dapat memilih sumber lain untuk audio yang direkam oleh SimpleScreenRecorder bersama dengan video.




Melihat video, Anda dapat memilih frame rate yang ingin Anda rekam. Anda juga dapat memilih apakah akan merekam seluruh layar atau hanya sebagian saja. Ketika tiba saatnya untuk mengekspor, Anda dapat memilih dari berbagai codec, termasuk MKV, MP4, dan WebM.




2. RecordMyDesktop





Aplikasi kedua ini sesuai namanya sudah menjelaskan fungsinya, RecordMyDesktop sangat tweak-able. karena RecordMyDesktop adalah aplikasi yang menggunakan command-line, meskipun satu dengan dua antarmuka grafis yang berbeda.










Bagi yang menggunakan Gnome atau Xfce, ada gtk-recordMyDesktop, sementara qt-recordMyDesktop ada untuk penggemar KDE. Antarmuka awal dalam versi GTK sederhana, tetapi ketika mengklik "Andavanced" akan memperlihatkan lebih banyak fungsi.




RecordMyDesktop memiliki fitur enkode on-the-fly opsional dan frame rate yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini dapat merekam audio melalui ALSA, OSS, atau alat audio JACK, yang memungkinkan Anda mengirim audio dari sejumlah aplikasi ke sana.




3. VokoScreen





VokoScreen memadukan kesederhanaan dengan fitur yang tidak dimiliki beberapa perekam layar lain dalam artikel ini. Seperti yang lain, aplikasi ini mendukung rekaman audio dan keluaran dalam berbagai format.










Satu fitur VokoScreen yang tidak ada pada aplikasi lain adalah dukungan webcam. Anda dapat melihat pratinjau feed webcam Anda saat merekam, dan Anda dapat merekamnya juga. Fitur lain termasuk delay-timer dan hotkey-support.




Satu-satunya kekurangannya adalah antarmuka pengguna, yang terlihat seperti di sisi sederhana dan utilitarian. Namun, itu hanya kelemahan kecil untuk aplikasi dengan fitur lengkap ini.




4. FFmpeg





Memakai FFmpeg perekam layar seperti duduk di kursi mobil Anda. Ya, Anda bisa duduk di mobil Anda, tetapi bisa melakukan lebih banyak lagi. FFmpeg adalah sama: ia memiliki banyak fungsionalitas, tetapi juga mampu merekam layar.










FFmpeg pada dasarnya adalah toolbox video dengan perekaman layar sebagai salah satu fungsinya. Seperti banyak item di atas, Anda dapat memilih frame rate Anda, apakah akan merekam seluruh layar dan banyak lagi. Anda juga dapat merekam audio melalui ALSA.




Berikut ini contoh perintah untuk merekam layar Anda:




ffmpeg -video_size 1280×720 -framerate 30 -f x11grab -i :0.0+250,150 output.mkv




Fungsinya adalah merekam bagian layar Anda 1280 × 720 mulai dari 250 × 150 piksel dari kiri atas layar Anda. Format output adalah MKV.





Jika Anda tertarik pada FFmpeg, kami memiliki seluruh panduan untuk melakukan screencasting dengan baris perintah.




Kesimpulan





Ada banyak screen recorder di luasr sana, mungkin aplikasi yang kami sebutkan tidak bekerja di OS Anda. Sebenarnya keempat apkiasi ini sudah cukup, namun Anda harus memilih mana yang bisa sesuai dan cocok untuk digunakan.




Bagaimana jika Anda lebih suka menggunakan Windows, atau Anda juga menggunakannya Ubuntu? Anda memiliki banyak opsi untuk perekam layar pada platform itu. Kami sudah memiliki daftar software screen recorder terbaik untuk Windows. Karenanya, Anda menetapkan apakah Anda menjalankan Windows atau Ubuntu.

No comments for "Ini Lho! 4 Aplikasi Screen Recorder Linux Ubuntu Terbaik"