Harus Baca! Pengaturan AMD Radeon dan Pengertiannya



Jika Anda memiliki PC gaming dan memutuskan untuk menggunakan AMD yang kurang diminati untuk kartu grafis Anda, maka Anda akan terbiasa dengan Pengaturan Radeon - sebelumnya dikenal sebagai AMD Catalyst Control Center. Bagi sebagian besar orang, ini mungkin takut untuk melakukannya, dan Anda cukup senang untuk membiarkan setiap game menentukan pengaturan grafis secara otomatis yang terbaik untuk Anda.




Namun, jika Anda melakukannya bisa saja game Anda jadi lebih keren. Jadi untuk membantu Anda, berikut adalah semua fitur utama yang akan Anda temukan di Pengaturan Radeon, dengan fokus khusus pada bagian "Permainan" dan "Tampilan".




Pengaturan Radeon Gaming











Pengaturan di bawah ini akan memiliki dampak langsung pada kinerja game Anda. Klik Gaming, lalu Pengaturan Global. Mari kita bicara tentang tiga judul yang Anda lihat di layar ini.




Global WattMan











Di bawah Pengaturan Global, tab tengah di bagian atas Pengaturan Radeon adalah Global WattMan - alat yang memungkinkan Anda melakukan overclock kartu grafis AMD Anda. Klik , dan Anda akan melihat slider di atas yang memungkinkan Anda memilih dari beberapa preset overclocking.




Turbo akan mendorong GPU Anda untuk berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi, meningkatkan kinerja game tetapi juga memanaskan GPU Anda lebih cepat. Power Save, akan menurunkan GPU Anda, mendinginkannya dengan mengorbankan kinerja. Jika Anda mendapati bahwa game dengan spesifikasi tinggi terlalu sering macet, coba pilih "Power Saving" untuk melihat apakah itu berpengaruh.




Jika Anda scroll ke bawah, Anda akan melihat bahwa Anda dapat memiliki kontrol granular lebih banyak atas overclocking Anda, memungkinkan Anda menyesuaikan memori kartu Anda dan kecepatan dan voltase GPU. Jika Anda tidak terbiasa dengan overclocking, kami sarankan membaca panduan sebelum mencoba-coba hal ini.




Performance Monitoring











Fitur yang sering diabaikan dalam Pengaturan Global ini memungkinkan Anda menampilkan sedikit overlay pemantauan kinerja kapan saja menggunakan pintasan keyboard cepat. Klik , dan Anda akan melihat bahwa Anda dapat membuat berbagai penyesuaian, seperti info apa yang ditampilkan dalam overlay (frame-rate, suhu GPU, penggunaan VRAM dll.), Dan pintasan keyboard apa yang ingin Anda gunakan untuk membukanya.




Global Graphics











Anti-aliasing Mode





Khususnya pada layar dengan resolusi lebih rendah, garis-garis diagonal dalam video game (yang terbuat dari piksel persegi individu) mungkin terlihat jaggy dan “berundak” tidak mulus. Anti-aliasing (AA) menyelesaikan ini dengan secara efektif mengisi celah-celah pada garis tangga ini untuk menghaluskannya.




Jika Anda memilih opsi "Enhance application settings", ia akan menggunakan sesuatu yang disebut "Enhanced Quality Anti-Aliasing," yang melapisi pengaturan AA dalam gim Anda untuk semakin memperjelas tepi. Jika Anda memilih "Abaikan pengaturan aplikasi," maka akan menggunakan pengaturan yang diuraikan di bawah ini.




Anti-aliasing Method





Ada tiga jenis anti-aliasing yang dapat Anda gunakan dalam Pengaturan Radeon:




  • Multisampling (MSAA) - Yang termudah pada GPU Anda, MSAA mengurangi aliasing hanya pada bagian layar yang benar-benar membutuhkannya, biasanya di sepanjang tepi objek.
  • Adaptif multisampling (Adaptif MSAA) - Jalan tengah. Mengurangi jaggies di tepi benda dengan elemen transparan (pagar kawat berduri dan sebagainya).
  • Supersampling (SSAA) - Metode AA yang paling kuat (dan sangat direkomendasikan), yang mengurangi alias pada seluruh layar.










Morphological Filtering (MLAA)





Jenis anti-aliasing khusus AMD yang mengklaim memiliki efek yang mirip dengan SSAA tetapi dengan sedikit peningkatan kinerja. Pada kenyataannya, efektivitasnya bervariasi dari satu game ke game lainnya, jadi ada baiknya bereksperimen dengannya untuk melihat di mana dan kapan itu bekerja dengan baik.




Anisotropic Filtering Mode





Sama seperti anti-aliasing mengurangi jaggies pada tepian, hal ini meningkatkan dalam tekstur (membuat peti kayu lebih mirip peti kayu, misalnya, daripada kotak dengan stiker "peti kayu" yang kaku). Ini juga membuat tekstur terlihat bagus di kejauhan daripada membiarkannya menjadi buram dan mencegah tekstur menjadi jaggy jika dilihat dari sudut yang sempit.




Jika Anda mengaktifkannya, Anda mendapatkan opsi untuk penyaringan anisotropik 2x, 4x, 8x dan 16x, bahkan dengan level tertinggi berjalan cukup baik pada kartu grafis modern.










Texture Filtering Quality





Ini mengubah kualitas tekstur dengan cepat untuk meningkatkan kelancaran dan kinerja game. Efeknya cukup dapat diabaikan dibandingkan dengan opsi tekstur lainnya, dan pendapat populer di komunitas game saat ini adalah mengaturnya menjadi "
Performance ".




Surface Format Optimization





Pengaturan lain yang agak ketinggalan jaman, digunakan beberapa tahun yang lalu pada game untuk menurunkan kualitas grafis dan meningkatkan kinerja tetapi tidak mungkin memiliki banyak efek pada game modern dan GPU modern. Anda pasti tidak akan melewatkannya jika Anda membiarkannya.




Wait for Vertical Refresh





Ini adalah cara yang agak rumit untuk mengatakan "VSync" (Sinkronisasi Vertikal), yang mungkin pernah Anda dengar. Jika Anda memiliki game yang berjalan pada kecepatan bingkai (fps) lebih tinggi dari kecepatan refresh (Hz) monitor Anda, maka Anda mungkin melihat garis horizontal yang menonjol pada layar Anda yang dikenal sebagai screen tearing . VSync menangani ini dengan membatasi frame-rate GPU Anda ke refresh rate monitor Anda.










OpenGL Triple Buffering





Tidak banyak gim yang menggunakan API OpenGL sekarang (di sini ada daftar gim yang melakukannya), tetapi bagi gim yang melakukannya, mengaktifkannya bersama dengan VSync akan memungkinkan frame-rate Anda berfluktuasi dengan lebih lancar. Jadi di mana buffer ganda akan menjatuhkan fps ke 30 meskipun secara teknis bisa berjalan pada 55 untuk menebus keterlambatan yang disebabkan oleh sinkronisasi, Triple buffering mengatasi masalah ini, memungkinkan frame-rate berjalan pada fps apa pun yang dapat ditangani GPU Anda.




Shader Cache





Menyimpan shader untuk game secara lokal di hard drive Anda, sangat menambah proses loading (terutama jika Anda tidak memiliki SSD). Berhati-hatilah karena ini membutuhkan banyak ruang hard drive (3oGB atau lebih).




Tessellation Mode





Tingkatkan grafik dalam game dengan memecah poligon yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, membuat grafik lebih halus (agak seperti menghancurkan merica menjadi bubuk lada - jika Anda menyukai analogi makanan ). “AMD Optimized” menggunakan x64 tessellation, tetapi jika Anda memilih “Override application settings,” Anda dapat mengatur laju yang lebih rendah jika Anda berpikir dampak kinerja terlalu tinggi.










Power Efficiency





Ini tidak akan menghemat banyak tagihan listrik, tetapi fitur ini mengurangi kecepatan clock pada GPU Anda untuk game dengan permintaan rendah, membuat kartu grafis Anda berjalan lebih stabil ketika tidak didorong ke batas maksimal. Beberapa orang telah melaporkan hal ini memiliki dampak negatif jika dibiarkan pada game yang lebih modern; yang terbaik adalah hanya mengaktifkan ini di pengaturan 'Profil' untuk game yang lebih lama.




Frame Rate Target Control





Pada dasarnya pembatas frame rate, memastikan bahwa GPU Anda tidak bekerja terlalu keras, seperti 120fps pada game yang lebih tua ketika monitor Anda hanya dapat menangani 75Hz atau berjalan pada frame-rate besar dalam menu game. Ini berarti kartu grafis Anda akan lebih stabil jika memungkinkan, tetap lebih dingin, dan karenanya hidup lebih lama.




‘Adrenalin’ Edition Features





Pada Desember 2017, Radeon Settings telah memiliki sejumlah fitur baru yang berguna berkat pembaruan yang disebut “Adrenalin”. Inilah yang terbaik dari mereka:




AMD Link











Di sebelah opsi Notifikasi pada layar beranda Radeon Settings, ada tab "AMD Link" yang baru. Ini memungkinkan Anda menyinkronkan Pengaturan Radeon dan Pemantauan GPU dengan aplikasi AMD Link di ponsel Anda, sehingga Anda dapat memantau hal-hal seperti kecepatan kipas GPU, suhu, dan kecepatan bingkai. Anda bahkan dapat menggunakan ponsel untuk merekam permainan menggunakan ReLive!




Radeon Overlay





Menekan Alt + R secara default, Anda dapat memunculkan overlay baru yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan grafis, merekam rekaman Anda, dan mengaktifkan kontrol laju bingkai Radeon.




Connect











Tab baru lainnya pada layar beranda Radeon Settings adalah "Connect", yang pada dasarnya adalah alat untuk mengelola semua rekaman yang Anda ambil menggunakan ReLive. Bagikan konten Anda, edit, dan pantau di dalam antarmuka baru yang nyaman ini.




Radeon Display Settings











Di menu Pengaturan Radeon, mengklik "Tampilan" akan membawa Anda ke pengaturan yang berkaitan dengan monitor Anda. Ini semua yang perlu Anda ketahui.




AMD FreeSync





Jawaban AMD untuk Nvidia G-Sync, teknologi "adaptive sync" ini dibangun pada GPU dan monitor tertentu dan semuanya menghilangkan geseran layar. Ini menyinkronkan kecepatan refresh monitor dan kartu grafis Anda, mengadaptasi kecepatan refresh monitor ke kartu grafis. Anggap saja sebagai versi V-Sync yang sangat kuat yang dapat Anda baca lebih jauh ke bawah.










Virtual Super Resolution





Kata mewah AMD untuk "downsampling." Ini membuka resolusi yang lebih tinggi dari monitor Anda (misalnya, 4k untuk monitor 1080p), lalu mengencangkan resolusi ke ukuran monitor Anda, menghasilkan gambar yang lebih tajam dengan sedikit jaggies.




GPU Scaling





Ini menggunakan kartu grafis Anda (bukan monitor Anda) agar sesuai dengan resolusi apa pun yang Anda jalankan ke layar Anda. Untuk sebagian besar kartu grafis permainan yang baik, ini adalah opsi yang lebih baik daripada meninggalkan monitor Anda untuk melakukan pekerjaan dan harus mengarah ke gambar yang lebih jelas.




Scaling Mode





Dalam sebagian besar kasus, Anda akan menggunakan ukuran penuh layar Anda, tetapi jika Anda bermain game dengan rasio aspek 4: 3, maka memaksanya agar sesuai dengan seluruh layar akan merentangkan gambar dengan cara yang buruk. Mungkin itu tidak mengganggu Anda, dalam hal ini pilih "Panel penuh," tetapi kami merekomendasikan opsi "Pertahankan rasio aspek" di sini.




Kesimpulan





Banyak resiko, tetapi ini diharapkan akan memberi Anda kepercayaan diri untuk bermain-main dengan pengaturan AMD Anda sedikit lebih berani. Ingatlah bahwa semua pengaturan ini juga dapat diterapkan pada masing-masing game (Untuk menambahkan profil game ke Pengaturan Radeon, buka "Gaming -> Add -> Scan."), Dan apa yang berfungsi untuk beberapa game mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Selamat bermain-main!

No comments for "Harus Baca! Pengaturan AMD Radeon dan Pengertiannya"