Harus Baca! 7 Distro Linux Terbaik Untuk Laptop 2019


Linux dulu hanyalah kumpulan kode, kemudian banyak modifikasi dari kode tersebut, ditawarkannya varian seperti Windows, OS X dan Ubuntu merupakan bukti nyata perkembangannya.




Jika Anda baru mengenal Linux atau sedang mencari perubahan, distribusi ini beberapa pilihan terbaik di tahun 2019. Daftar ini dirancang untuk menjelaskan berdasarkan tingkat pengalaman yang berbeda dan kasus penggunaan. Jadi apakah Anda seorang admin sistem, pengembang, atau pengguna desktop, Anda akan menemukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.




Penggunaan yang Mudah : Linux Mint











Jika Anda baru mengenal seluruh bisnis Linux ini, maka wajar untuk merasa sedikit kewalahan jika Anda bermigrasi dari Windows atau Mac OS. Untuk alasan itu, Anda mungkin ingin memulai yang sederhana, dan Linux Mint adalah apa yang Anda butuhkan.




Mint hadir dengan banyak perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk langsung kembali ke alur kerja Anda, seperti LibreOffice dan beberapa perangkat lunak media onboard yang layak. Anda memiliki empat pilihan lingkungan desktop utama, dengan Cinnamon menjadi yang paling mirip Windows dengan menu Start semu (meskipun MATE tetap menjadi pilihan yang populer juga). Sumber daya yang cukup ringan, juga memuat lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit memori daripada Ubuntu yang populer.





Mint selalu selaras dengan rilis Ubuntu LTS terbaru, yang berarti Anda tidak perlu khawatir akan menjadi tidak bisa berkerja berhari-hari atau takut virus malware.




Dengan mengingat hal ini, beberapa orang mungkin juga merekomendasikan Ubuntu atau OS Dasar, tetapi kami akan tetap menggunakan Linux Mint.




Privacy: Tails





Privasi adalah konsep yang aneh tetapi menjadi semakin penting karena teknologi secara inheren terjalin ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu karena pada apa yang Anda anggap sebagai model ancaman Anda.




Jika Anda mencoba menjadi 100% anonim di Internet, misalnya, Anda harus berusaha sangat keras untuk melakukan ini. Jika Anda ingin mencegah perusahaan melacak profil data Anda, maka segalanya menjadi lebih mudah.




Cara yang baik untuk menjadi lebih anonim online adalah dengan menggunakan Tails.










Tails adalah distro Linux berbasis Debian yang telah dipra-konfigurasi untuk menggunakan Jaringan Tor. Tor adalah jaringan terdesentralisasi publik yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima lalu lintas melalui beberapa relay. Konsepnya sederhana - setiap relai memiliki alamat IP sendiri yang menyembunyikan lokasi asli pengguna dengan membuat beberapa "lapisan." Ini sangat berguna untuk individu atau pengguna yang sadar privasi di negara yang memiliki Pemerintah yang menindas.




Tails dirancang untuk dijalankan dari penyimpanan portabel, artinya hanya menggunakan RAM Anda dan tidak meninggalkan jejak permanen apa yang telah Anda lakukan di sana (meskipun Anda dapat menyimpan data di media portabel Anda).




Muncul dengan sekelompok alat terenkripsi berbasis privasi seperti messenger instan, manajer kata sandi KeePassX, dan alat enkripsi email. Yang terpenting, LibreOffice ada untuk sebagian besar kebutuhan produktivitas Anda.




Forensik : Kali Linux











Kali Linux adalah distribusi Linux yang diturunkan dari Debian yang dirancang untuk forensik digital dan pengujian penetrasi. Dikelola dan didanai oleh Offensive Security Ltd.




Toolset ini sangat komprehensif, dan pengetahuan sebelumnya akan sangat berguna. Para pemula sebaiknya mengikuti kursus Keamanan Ofensif supaya bisa benar - benar memanfaatkan Kali linux.




Ramah RAM : Puppy Linux





Pilihan yang jelas di sini adalah Puppy Linux.




Puppy adalah distro super ringan yang akan berjalan sepenuhnya dalam RAM pada mesin yang diberikan. Ini sangat berguna jika Anda perlu melakukan tugas dengan cepat. Seluruh sistem dapat dijalankan dari RAM dengan versi saat ini umumnya memakan waktu sekitar 210 MB, memungkinkan media boot dihapus setelah sistem operasi dimulai.




Puppy memiliki variasi yang dibangun pada Slackware dan Ubuntu, tetapi keduanya sebagian besar memiliki tools yang sama.




Saya menggunakannya ketika saya perlu menggunakan kembali dan menghapus hard drive baik menggunakan perintah dd atau hdparm tetapi itu adalah distro yang diisi penuh untuk berbagai tugas.




Laptop Jadul : Bodhi Linux





Meskipun produksi tablet meningkat, masih ada pengguna yang memiliki netbook portabel yang lebih ringan dan yang menggunakan Linux. Hal ini bisa disebut mesin lama yang bisa diberi nyawabaru.




Distro yang bagus kali ini adalah Bodhi Linux.










Walaupun merupakan turunan dari Ubuntu, ini adalah distro yang elegan dan ringan dengan tampilan Moksha, environment desktop ini berbasis Enlightenment-17. Seiring dengan perkembangan desktop, Bodhi menawarkan instalasi minimal yang membuat pengguna bebas untuk menyesuaikan dengan mudah. Bodhi menawarkan berbagai file ISO, dan, khususnya, dapat diinstal pada Chromebook dan perangkat jadul.




Capek Upgrade : Antegros





Jika Anda lelah karena harus terus uphrade distro Linux Anda dari versi ke versi, Arch Linux adalah yang tepat untuk Anda. Antergos didasarkan pada Arch Linux dan dilengkapi dengan semua manfaat pemasangan vanilla Arch lengkap tetapi meninggalkan sedikit kerumtian awalnya. Antergos adalah Arch tanpa perlu perakitan.










Antergos telah mengembangkan installer grafisnya sendiri, Cnchi, yang membuat proses instalasi Arch Linux menjadi sangat mudah bagi setiap pengguna Linux. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur sistem Anda persis seperti yang Anda inginkan dan untuk boot ke instalasi yang dikonfigurasi dengan sempurna tanpa repot.




Arch Linux Wiki tidak tertandingi dalam hal dokumentasi distribusi. Segala sesuatu di dalamnya berlaku untuk Antergos. Anda juga mendapat manfaat tambahan dari repositori Arch yang besar, yang selalu diperbarui, dan AUR (Arch User Repository).




Jika Anda lebih nyaman dengan Linux dan mencari distribusi baru yang dikemas dengan kekuatan dan banyak pilihan, Antergos pasti patut dipertimbangkan.




Untuk Mastah : Gentoo





Gentoo mungkin tampak seperti pilihan aneh jika Anda memperhatikan semua meme dan ruwet di sekitarnya. Gentoo bukan lelucon. Ini didistribusi paling mudah yang paling fleksibel , dan Anda dapat mengonfigurasikannya menjadi stabil atau sesuai kebutuhan
Anda. Pada dasarnya, Gentoo adalah apa pun yang Anda buat.










Gentoo adalah distribusi source-based , artinya Anda mengkompilasi setiap paket yang Anda instal dari sumber kode ketika Anda menginstalnya. Meskipun ini membutuhkan waktu tambahan, malah bisa menghadirkan kesempatan untuk menyesuaikan setiap paket untuk memenuhi kebutuhan Anda.




Baik Anda menginstal Gentoo di desktop atau server, Anda dapat menyesuaikannya dengan tepat. Untuk desktop, Anda dapat memilih lingkungan desktop atau window manager tanpa memasang yang tidak perlu. Server menyediakan situasi yang serupa, memungkinkan untuk instalasi ringan yang dibuat khusus. Sebagai bonus tambahan, Gentoo tidak membuat keputusan untuk Anda, bahkan untuk Systemd. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda tidak membutuhkannya.




Di sisi keamanan, proyek Gentoo Hardened adalah salah satu proyek terbaik dalam distribusi Linux untuk meningkatkan keamanan secara keseluruhan. Bahkan tanpa patch GRSecurity yang sebelumnya merupakan bagian besar dari proyek, Gentoo Hardened adalah opsi yang sangat baik untuk keamanan server atau desktop.




Apa opini Anda tentang pilihan tersebut? Apakah Anda memiliki alternatif yang lebih baik untuk dipilih, dan jika ya, mengapa? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

No comments for "Harus Baca! 7 Distro Linux Terbaik Untuk Laptop 2019"